About

Membuat Pixel Art


Ngoahahanjay~
Hallo bloggers!
Ketemu lagi sama gue nih. :v

Kali ini gue bakal ngasih tutorial singkat caranya bikin pixel art dengan Adobe Illustrator.
Cekidot!


Step 1


Pertama, saat bikin dokumen baru buat kerjaan lo, usahain format panjang sama lebar dari kanvas lo sama atau bentuk persegi. Soalnya, ini bakalan berpengaruh sama bentuk kotak - kotak yang bakal lu bikin nantinya. Buat singkatnya, gua bikin contoh dengan format dokumen seperti diatas.


Step 2


Kalo udah, pada menu toolbar, klik tahan icon "Line Segment Tool", lalu ubah menjadi "Rectangular Grid Tool". Nah, tool ini fungsinya untuk ngebuat kotak kotak pixel yang bakal kita bikin nanti.


Step 3

 

Setelah itu, kita setting banyaknya jumlah kotak pada Rectangular Grid Tool nya, Fungsi Option ini bisa lu munculkan dengan mengklik 2x pada Kanvas saat lu sedang memakai Rectangular Grid Tool.
Format yang gue pake bisa lu liat diatas, Tapi lu juga bisa mengatur sedemikian rupa jumlah "Horizontal/Vertical Divider" agar banyaknya kotak sesuai dengan keinginan lu. 


Dengan mengatur Option pada Rectangular Grid Tool, banyak varian kotak yang dapat lu hasilkan. Namun, jangan lupa untuk tetap menyesuaikannya pada besar kanvas lu.


Step 4


Kemudian pada Menu Bar, pilih Object  > Live Paint > Make


Lalu pilih icon Shape Builder Tool, dan ganti menjadi Live Paint Bucket


Step 5



Dengan Live Paint Bucket, lu bisa mengisi kolom kolom putih pada Rectangle Grid yang lu buat tadi dengan warna yang sesuai.


Step 6



Dalam membuat pixel art, pemilihan warna, gelap dan terang sangat berpengaruh pada desain gambar yang lu buat untuk memuat kesan lebih 'hidup'. Untuk itu, dalam pemilihan warna, lu bisa memanfaatkan panel Swatches atau Color Guide agar lebih mudah dalam memilih warna.


Step 7



Jika lu ingin menghapus kotak yang lu bikin karena salah dalam mengisi warna, lu bisa menggunakan Live Paint Selection Tool untuk menseleksi kotak yang salah dan men-deletenya.


Step 8



Setelah itu, seleksi bagian grid pada kanvas, dan ubah stroke ( pada bar atas ) menjadi 0 untuk menghilangkan garis garis grid nya.


Finish


Export Artwork lu menjadi file yang lu inginkan. Dengan Pixel Art, lu juga bisa membuat icon, gif atau karakter game berbasis bit dan hal - hal keren lainnya.

Dan.. oke, demikian tutorial gue kali ini, semoga bermanfaat bagi lo yang mampir disini~
Feel Free to Comment, Rate and Share!

Demaux

28 April 1998, Jakarta. Hingga Sekarang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar